Rabu, 22 April 2009

Membaca Kode pada Ban Mobil

Membaca Kode Ban

Dimensi ban biasanya dinyatakan dalam bentuk : " 205 / 55 / ZR16", Keterangan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

· 205 : Lebar telapak ban (mm)
· 55 : Aspek ratio untuk ketebalan ban (%) dari lebar telapak ban
· Z : Kode limit kecepatan
· R16 : Diameter velg (inch)

Kode limit kecepatan :

· S <> 240km/jam.

Untuk ban Jeep biasanya dipakai kode Amerika, seperti : "33 x 12.5 R15", Keterangan tersebut dapat dijabarkan sebagai berikut :

· 33 : Tinggi keseluruhan / diameter ban (inch)
· 12.5 : Lebar telapak ban (inch)
· R15 : Diameter velg (inch)


Kode Produksi Ban

Banyak orang tidak tahu bahwa yang paling penting adalah kode waktu produksi daripada ban. Ban akan expired (kedaluwarsa) dalam waktu tiga tahun setelah ban tersebut dibuat. Nah untuk membaca adalah sebagai berikut:



Kode produksi dicetak pada salah satu sisi ban lihat gambar 1 & 2, dengan marking unik mirip peneng. Setiap pabrik ban memiliki jumlah digit tersendiri untuk kode tersebut, ada 5 digit, ada pula yang 7 digit. Tetapi 4 DIGIT dari belakang adalah standard international yang menunjukkan MINGGU (WEEK) dan TAHUN (YEAR) ban tersebut dibuat



Gambar di atas. X2001 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-20, TAHUN 2001



Gambar di atas. CJJ5101 artinya ban tersebut dibuat pada MINGGU ke-51, TAHUN 2001

Nah jika ketika anda membeli ban baru tetapi toko menyodorkan ban yang sudah kedaluwarsa ... anda berhak menolaknya Memakai ban expired berarti terancam pecah ban di jalan Sebaiknya waktu pemakaian pun tidak lewat dari masa expired tersebut. Ideal 2 tahun ban diganti total.
Nah..hemat juga khan...coba klo beli ban expired ....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar